Warteg Subsidi Bahari Kudus

Warteg Subsidi Bahari di Ploso Kudus

Kudus, Berita Moeria (Bemo) – Warung tegal (Warteg) Subsidi Bahari Kudus terletak sekitar 15 meter barat Jembatan Ploso(Desa Ploso Kecamatan Jati Kudus). Atau depan bekas tempat pemotongan hewan yang bernilai sejarah kemudian digusur menjadi kantor bank milik Pemkab Kudus.

            Warteg milik Nanang Wisnugroho ini setiap hari Jumat menyajikan program khusus. Yaitu Jumat Berkah. Makan sekenyang-kenyangnya Cuma Rp 8.000 bagi yang makan di tempat/warung. Tidak berlaku  bagi yang dibungkus dan berlangsung sejak pukul 12-14 Waktu Indonesia Barat  (WIB).sebagai bentuk kepedulian kami kepada warga sekaligus ngalap berkah” ujar seorang ibu dengan logat tegalnya.

            Sedang menu yang disubsidi  berupa : nasi ikan tongkol cue Rp 9.000,-, nasi ikan kembung cue (Rp 9.000), nasi telor bullet/dadar (Rp 7.000), teh manis /es teh (Rp 2.000), kopi hitam /kapal api (Rp 2.000) dan es tawar gratis.  “Selain itu kami menyediakan aneka jenis lauk pauk. Seperti ayam goreng/opor.balado, aneka jenis telor, aneka jenis ikan , aneka jenis sambal, hingga tahu ,tempe, perkedel dengan harga paling mahal Rp 8.000/porsi. Masih ada aneka jenis sayuran hingga soto ayam.  Khusus soto ayam Rp 10.000” tambah ibu yang tidak mau disebut namanya ini. Diduga ia adalah isteri dari Nanang Wisnugroho.

Ny. Nanang Pemilik Warteg Subsidi Bahari

            Selain itu, ibu dari tiga orang anak ini juga mengatakan, selain di Ploso, piohaknya juga telah membuka cabang Warteg di empat lokasi lain yang tersebar di sejumlah desa/kecamatan. “Masing masing warteg mempekerjakan 5-6 tenaga kerja. Sedang omzet hariannya paling tidak Rp 2 juta/warung. Semua bahan kami beli dari pasar terdekat dua hari sekali.”

                  Selain tempatnya yang memadai, menu lumayan komplit, bersih, juga dilayani salah seorang diantaranya pemuda tampan. Berhidung mancung, berkulit bersih, berambut “keemasan” dan dikucir. Selain prigel juga ramah.

Rambut di kuncir pemuda masa kini melayani pembeli di warteg subsidi bahari

            Warteg kali pertama muncul pada tahun 1950 pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Saat itu Bung Karno memutuskan perpindahan ibukota Indonesia yang semula di Yogyakarta dialihkan ke Jakarta. Perpindahan ibu kota tersebut memunculkan proyek pembangunan gedung/perumahan dan sebagainya. Termasuk penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar.. Kondisi tersebut dimanfaatkan warga tegal untuk berjualan dengan menu sederhana dan harga terjangkau .

Sedang setiap warteg hampir selalu terdapat tulisan franchise dan bahari. Maksudnya adalah sistem jualan warteg.dengan membuka cabang. Bahari adalah julukan kota Tegal yang sudah berlangsung sejak tahun 1950 an. Mengingat memiliki industri galangan kapal. Bahari juga slogan dan singkatan dari bersih, aman, hijau, asri, rapi dan indah.;(Sup)

Komentar

Lebih baru Lebih lama