Sekilas Tentang Dewan Pengawas PDAM

Kudus, Berita Moeria (BeMo)

Terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang melibatkan seorang karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),  kami ketengahkan sekilas dewan pengawas. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 2/2007 , mengatur tentang Organ dan Kepegawaian PDAM, agar kinerja PDAM lebih meningkat. Menurut peraturan ini, Dewan Pengawas berasal dari unsur pejabat pemerintah daerah, profesional bidang air bersih dan/atau masyarakat konsumen yang diangkat Kepala Daerah.


Dewan Pengawas suatu PDAM beranggotakan tiga hingga lima orang, tergantung jumlah pelanggan PDAM tersebut. Mereka menjabat selama tiga tahun dan dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan. 

Adapun Tugas Dewan Pengawas PDAM: 

1. Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap pengurusan dan pengelolaan PDAM

2. Memberikan pertimbangan dan saran kepada Kepala Daerah diminta atau tidak diminta guna perbaikan dan pengembangan PDAM antara lain penangkatan Direksi, program kerja yang diajukan oleh Direksi, rencana perubahan status kekayaan PDAM, rencana pinjaman dan ikatan hukum dengan pihak lain, serta menerima, memeriksa dan atau menandatangani Laporan Triwulan dan Laporan Tahunan

3. Memeriksa dan menyampaikan Rencana Strategi  Bisnis ( business plan/corporate plan), dan Rencana Bisnis dan Anggaran Tahunan PDAM yang dibuat Direksi kepada Kepala Daerah untuk mendapatkan pengesahan.

Wewenang Dewan Pengawas PDAM: 

1. Menilai kinerja Direksi dalam mengelola PDAM

2. Menilai Laporan Triwulan dan Laporan Tahunan yang disampaikan Direksi untuk mendapat pengesahan Kepala Daerah

3. Meminta keterangan Direksi mengenai pengelolaan dan pengembangan PDAM

4. Mengusulkan pengangkatan, pemberhentian sementara, rehabilitasi dan pemberhentian Direksi kepada Kepala Daerah.


Menimbang tugas dan wewenangnya di atas, Dewan Pengawas PDAM memiliki peran strategis dalam perbaikan kinerja PDAM dan perbaikan layanan air bersih dan sanitasi dalam penyediaan akses air minum dan sanitasi untuk mencapai sasaran yang diharapkan, khususnya Sasaran Pembangunan Milenium (MDGs)( usaid/sup)


Komentar

Lebih baru Lebih lama