Waspada, Ramadan Rawan Kebakaran



BERITAMURIA.COM-KUDUSMeningkatnya aktifitas warga saat Ramadhan dalam menggunakan listrik berpotensi pemicu kebakaran. Oleh karenanya warga Kudus dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menggunakannya.

 Kepala Pemadam Kebakaran PT Djarum Hardi Cahyana mengatakan saat ini pihaknya mewaspadai peningkatan potensi kebakaran di Kota Keretek selama bulan suci. Dikarenakan  terjadi peningkatan aktivitas publik saat malam hari. “Selain itu, potensi kebakaran juga dapat dipicu kondisi material kelistrikan yang dimungkinkan mengalami kerusakan akibat perubahan cuaca,” katanya, Rabu, 14 Juni 2016.

Ketika puasa, banyak warga menggeser kegiatan yang sebelumnya digelar siang hari menjadi malam hari. Salah satunya, penggunaan sarana kelistrikan untuk memasak dan kegiatan keagamaan lainnya. ”Warga harus dapat memastikan jaringan kelistrikan di rumah harus dalam kondisi yang baik,” imbuhnya.

Berdasarkan pengalaman di lapangan, lanjutnya, potensi penyebab kebakaran sering disebabkan karena kondisi alat dan human error. ”Kondisi alat misalnya sarana kelistrikan yang digunakan warga. Banyaknya kejadian kebakaran yang terjadi sebelumnya menjadikan keprihatinan tersendiri,” ungkapnya.

Selain penyebab dari faktor alam, tambahnya, sebagian disebabkan karena keteledoran warga saat menjaga api. ”Ketika kemarau seperti sekarang ini, hal tersebut tentu akan sangat berisiko,” ungkapnya.

Jika dilihat dari lokasi yang terbakar, selain pemukiman, juga terdapat kios atau toko dan ilalang. Persoalan ilalang ketika musim kering seperti sekarang ini juga menjadi persoalan besar. Hal itu dapat dengan mudah menyulut terjadinya api.(ekh)


Komentar

Lebih baru Lebih lama